Makanan Yang Di pantang Ketika Menderita Asam Lambung

Lambung anda bermasalah ? mual, mulas, perih di ulu, hati, dan perut terasa begah, itu salah satu gejala dari sakit asam lambung. Sakit asam lambung merupakan penyakit dimana terjadi kelebihan asam lambung dalam lambung, sehingga asam lambung mengiritasi lambung itu sendiri.

Asam lambung secara alami di produksi oleh lambung, yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan, sekaligus membunuh microorganisme berbahaya yang tersembunyi dalam makanan. Tapi bila kadar asam lambung terlalu tinggi dalam lambung itu bisa jadi sebaliknya. Lapisan pelingdung dingding lambung bisa di tembus kadar asam sehingga lapisan lambung mengalami iritasi, dan peradangan, efeknya untuk tubuh yaitu menjadi perih dan nyelekit.

Bukan itu saja asam lambung tinggi dapat menyebabkan komplikasi, seperti sesak nafas, radang tenggorokan, dan kerusakan gigi. Pada penderita asam lambung tinggi harus di perhatikan makanannya. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang dapat memperparah asam lambung.  Anda harus tahu pantangan asam lambung tinggi, karena meskipun anda sedang menjalakan pengobatan asam lambung sebagus apapun bila pantanganya terus dikonsumsi tidak akan sembuh-sembuh.

Makanan Yang Di pantang Ketika Menderita Asam Lambung Tinggi, harus anda jauhi dulu

Makanan Yang Di pantang Ketika Menderita Asam Lambung

  • Merokok, merokok terbukti dapat memperparah penyakit asam lambung anda, nikotinnya dapat tertinggal di dalam tubuh, sehingga nikotin tersebut dapat memperparah kondisi lambung.
  • Bawang putih / Bawang Bombai, kedua bawang ini memang bagus bagi mereka yang sedang mengalami masalah peradangan atau infeksi, tapi beda halnya ketika anda menderita asam lambung. Penelitian membuktikan bahwa asam lambung dapat meningkat bila mengkonsumsi bawang.
  • Makanan Yang Pedas, mengkonsumsi makanan pedas bagi beberapa orang itu adalah hobi mereka, tapi bila anda sedang menderita asam lambung sebaiknya stop terlebih dulu. Makanan pedas dapat memperparah nyeri pada ulut hati, sebab dapat mempeperah luka pada lambung, bukan menyembuhkanya.
  • Minuman beralkohol atau Berkafein, memang tidak boleh dikonsumsi sedikitpun oleh penderita asam lambung. Alkohol dapat melukai lambung lebih parah dan jaringan yang iritasi lainnya. Sama halnya dengan minuman berkafein seperti kopi dsb.
  • Makanan berlemak, makanan berlemak contohnya gorengan, coklat, mentega, daging berlemak, keju dan sebagainya. Lemak dalam makanan dapat memicu tingginya asam lambung, jadi makanan jenis ini sangat di pantang.
  • Minuman bersoda, tidak disarankan dikonsumsi ketika lambung anda mengalami masalah.
  • Makanan yang mengandung banyak gas, contohnya kecambah, susu, brokoli, kubis, dan kacang-kacangan sebaiknya di stop dulu ketika asam lambung kambuh.
  • Peppermint, memang sangat menyegarkan tapi alangkah baiknya stop dulu ketika lambung anda bermasalah, sebab mempunyai efek melemahkan kerongkongan sehingga dapat melemaskan otot sfinngter (katup antara kerongangan dan lambun), apalagi dikonsumsi ketika belum makan.

Hampir semua jenis makanan tidak dibolehkan lantas harus bagaimana? solusinya anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi seperti oatmeal gandum, sereal, buah pisang, dsb, Untuk minumnya anda bisa minum air putih secukupnya.

Home page : obat penurun asam lambung

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s